Basic Web Programming - Apa itu PHP?

A. Pengertian PHP?

Mungkin bagi anda yang telah lama bergelut dalam dunia teknologi khususnya pemrograman web pastilah sudah tidak asing lagi dengan nama atau istilah itu, tapi bagi anda yang baru masuk dan ingin mempelajari tentang Pemrograman Web mungkin perlu tau apa itu sebenarnya PHP?

Seperti kata pepatah,tak kenal maka tak paham. Untuk itu alangkah baiknya Anda mengenalinya terlebih dahulu sebelum memahaminya.

Bahasa ini pertama kali dikenalkan oleh seorang programer yang bernama Rasmus Lerdorf dari Denmark. PHP merupakan bahasa pemrograman yang khusus didesain sebagai bahasa pemrograman Web. Tujuan awal dibuatnya bahasa ini agar para programmer bisa membuat suatu halaman website yang dinamis.

Di dalam web programing dikenal dua istilah yaitu Client Side Programing dan Server Side Programming. Lah, PHP ini termasuk dalam kategori Server Side Programming. Ciri dari server side programming ini adalah ketika dokumen ini di jalankan, maka source code sesungguhnya dari PHP ini tidak akan terlihat pada client (browser). Maksudnya setiap kode PHP yang ada pada server akan digenerate oleh mesin PHP yang kemudian ditampilkan atau dikirim ke komputer client menjadi dokumen yang bersifat client side (tag-tag HTML).

Dari mulai pertama bahasa ini dirilis, hingga sampai sekarang PHP telah mengalami banyak perubahan versi, hingga pada saat postingan ini di tulis, versi terakhir yang beredar adalah PHP 5. Perbedaanya PHP versi terbaru dengan versi – versi sebelumnya adalah konsep OOP yang ada di dalamnya. Akan tetapi pada pembahasan kali ini tidak akan membahas tentang OOP.

Sebelum anda mempelajari PHP, alangkah baiknya dan sangat disarankan Anda telah mengetahui form dan sintak – sintak HTML, dan jika Anda telah mempunyai basic pemrograman seperti C/C++ maka ini akan sangat membantu. Karena memang struktur PHP ini mirip dengan struktur bahasa C/C++.

Sumber : Blognya Sayono