T-TEP (Toyota – Technical Education Program) merupakan program kerjasama antara Toyota Motor Corporation (TMC), PT. Toyota Astra Motor, dealer resmi Toyota dan pemerintah, dalam mengembangkan dan mempersiapkan SDM Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang lebih siap memasuki industri otomotif.

Dalam program ini, Toyota memberikan beberapa fasilitas bagi SMK terpilih yang menjadi SMK TTEP maupun Sub TTEP. Untuk SMK Sub TTEP, Toyota menyediakan training manual, pengembangan kurikulum yang terbaru, pelatihan untuk guru, buku panduan technical Toyota, dan kesempatan untuk melakukan latihan kerja di Toyota. Sementara untuk SMK TTEP, Toyota menyediakan keempat hal tersebut dan ditambah dengan fasilitas alat peraga.

T-TEP pertama kali diimplementasikan di Indonesia pada 1991 dan menjadi fondasi penting dalam sistem pengembangan SDM dalam operasional global Toyota yang telah diimplementasikan di 53 negara dan 425 institusi di seluruh dunia.

Penyelenggaraan TTEP dilakukan melalui pemberian training teknologi pada instruktur SMK, penyesuaian kurikulum sistem pembelajaran SMK, pemberian kesempatan OJT bagi siswa dan instruktur dari semua dealer resmi Toyota serta pendistribusian materi pelatihan dan alat-alat pengajaran untuk mendukung pembelajaran teknologi terbaru.

SMK Tunas Pelita sendiri sudah mulai menjalin kerjasama dengan PT. Astra International, Tbk mulai Tahun  2000 dan selanjutnya terus berkomitmen untuk terus mengembangkan dan berkompetisi untuk mengikuti persaingan untuk meperoleh gelar serta kesempatan untuk menjadi salah satu bagian dari program ini. Seiring berjalannya kerjasama dan komiten yang terus dilakukan akhirnya SMK Tunas Pelita pada Tahun 2006 memperoleh gelar sebagai SMK Sub T-TEP untuk Jurusan Teknik Automotive dan terus membuktikan diri sehingga pada Tahun 2014 memperoleh status sebagai SMK T-TEP (Toyota Technician Education Program) untuk Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Prestasi serupa  juga ditorehkan pada Jurusan Teknik Body Automotive sebagai SMK Sub T-TEP pada Tahun 2013.

Dengan adanya program kerjasama ini sungguh sangat membantu pengembangan potensi belajar dan pembelajaran serta pengembangan Sumber Daya baik bagi para guru-guru maupun bagi peserta didik yang mengikuti program ini.

Para alumni dari kelas Sub-T-TEP dan T-TEP juga sudah tersebar keseluruh dealer-dealer Toyota baik yang berada diwilayah Sumatera maupun diluar Sumatera.